Hari Kartini

OSIS SMAN 2 Tasikmalaya memperingati perjuangan pahlawan wanita, sebagai pejuang persamaan hak laki-laki dan wanita di jamannya yaitu R.A. Kartini. Yang diselenggarakan pada hari Senin, 23 April 2018.
Kartini yang lahir pada 21 April 1879 ini memperjuangkan kebebasan wanita yang terhambat oleh kebudayaan di Jawa. Dia berpendapat bahwa kebudayaan yang ada di Jawa pada saat itu menghambat kemajuan kaum wanita. Dia ingin wanita mempunyai kesempatan yang sama dalam segala hal dengan kaum laki-laki termasuk Sekolah dan belajar. Melalui surat-surat Kartini mengirim inspirasinya ke teman-temannya di Belanda.
Kami disini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak-anak wanita, bukan sekali-kali karena kami menginginkan anak-anak wanita itu menjadi saingan laki-laki dalam hidupnya. Tapi karena kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum wanita, agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya yang diserahkan alam (sunatullah) sendiri ke dalam tangannya : menjadi ibu, pendidik manusia yang pertama-tama” (Surat Kartini kepada Prof. Anton dan Nyonya, 4 Oktober 1901).

(by Iis Rahmi)

Kartini (1) Kartini (3) Kartini (4) Kartini (5) Kartini (6) Kartini (7) Kartini (8) Kartini (2)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*