Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2017/2018

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sebuah bangsa. Dan kualitas pendidikan, salah satunya bergantung pada kualitas lingkungan dan satuan pendidikan yang diikuti oleh peserta didik. Tiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan dengan pendidikan lainnya. Adanya ciri khusus tersebut menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang dikembangkan di jenjang sebelumnya perlu disesuaikan dengan cara belajar yang baru yang sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, mental psikologis anak didik.

Untuk mengantar seorang anak memasuki jenjang pendidikan yang baru, diperlukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk memfasilitasi peserta didik mengenal lingkungan dan budaya di sekolah yang baru, sebelum menempuh pembelajaran berikutnya.
Di Lingkungan SMAN 2 Tasikmalaya telah dilaksanakan  “Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017-2018 SMA Negeri 2 Tasikmalaya”, dengan tema: “Dengan mengenali lingkungan sekolah, kita kenali budaya dan karakter Pendidikan di Lingkungan SMAN 2 Tasikmalaya”.

Secara umum tujuan dari kegiatan ini adalah memberi pengenalan, kesan yang positif dan menyenangkan terhadap lingkungan baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, sosial, kebijakan akademik dan non akademik dengan cara-cara belajar yang baru termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah baru, sehingga peserta didik mendapat bekal pengalaman bermakna untuk mengikuti pendidikan.
Adapun secara Khusus pengenalan lingkungan sekolah bertujuan untuk :

  1. Mengenali potensi diri siswa baru
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya;
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Agenda dan materi yang diberikan antara lain :
1. Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi tentang Membangun Peserta Didik yang Berkarakter,
2. Pengenalan Kurikulum
3. Budaya Literasi
4. Sekolah Rumah Kedua Sebagai Sekolah Ramah Anak
5. Pendidikan Karakter
6. Keluarga Sadar Hukum
7. Tata Tertib Berlalulintas
8. Pengenalan Lingkungan Sekolah/Muatan Lokal
9. Pengenalan Kegiatan Ekstra Kurikuler
10. Tata Upacara Bendera/Apel
11. Pembiasaan Beribadah

Metode dan Sistem Penyajian dalam kegiatan ini yaitu;

  1. Metode diskusi informasi, olah pikir (pemecahan masalah) yang dikemas dalam bentuk dinamika kelompok atau dalam bentuk sederhana tentang masalah-masalah aktual.
  2. Ceramah Umum
  3. Bersifat gembira, menyenangkan, tidak mengandung penekanan dan memberi kesan positif yang mendalam bagi peserta didik bahwa mereka telah diterima dan berada di lingkungan sekolah yang baru
  4. Pentas seni budaya dan renungan atau permainan lainnya dalam rangka penyesuaian diri, pengembangan potensi, minat dan bakat.
  5. Melibatkan pengurus OSIS dalam kepanitiaan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan.
  6. Penyampaian materi MPLS tidak mengarah pada perpeloncoan dalam bentuk apapun termasuk menambah atribut di luar seragam sekolah

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*