Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 2 Tasikmalaya

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru meruapakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun pelajaran 2016/2017 sebagai pengganti kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun yang dulu bernama kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru dan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016  Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Salah satu tujuan diadakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah bertujuan untuk memgenalkan lingkungan sekolah SMA Negeri 2 Tasikmalaya, dan sebagai sarana beradaptasi para siswa baru terhadap lingkungan yang baru dan bersosialisasi dengan teman – teman baru serta ajang wahana kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan dalam upaya memajukan SMA Negeri 2 Tasikmalaya.

Pada tahun pelajaran 2016/2017 ini, SMAN 2 Tasikmalaya melaksanakan program kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru dari 19-21 Juli 2016, dengan tujuan agar dapat dibaca dan dipelajari oleh semua stakeholder di lingkungan sekolah. Proposal ini sebagai bentuk untuk menggambarkan rancangan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang akan kami selenggarakan. Di dalam kegiatan ini Panitia penyelenggara yang terdiri dari Guru dan Pengurus OSIS memaparkan semua yang  berhubungan dengan penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru.
Berikut garis besar tujuan utama kegiatan MPLS :
1. Mengenali potensi diri siswa baru
2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek      keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah
3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru
4. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya
5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri siswa.

Kami menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas keterlaksanaan Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru semoga dapat memberikan banyak manfaat yang lain. Kepada para peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta Didik Baru, kami ucapkan selamat mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Peserta Didik Baru khususnya SMA Negeri 2 Tasikmalaya dan selamat bergabung dengan kami di SMA Negeri 2 Tasikmalaya.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*