Pesantren Ramadhan 1437 H SMAN 2 Tasikmalaya

Bulan Ramadhan sudah tiba, liburan sekolah juga akan segera menyusul. Dalam rangka mengisi waktu peserta didik SMAN 2 Tasikmalaya dengan hal positif yang didapat, pihak sekolah menyelenggarakan program Pesantren Ramadhan (pesantren kilat/sanlat) yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Yayasan Asy-Syuja, Gudang Pesantren Kota Tasikmalaya selama 2 minggu sepanjang bulan Ramadhan, 9 – 22 Juni 2016.

Dalam sambutannya Kepala sekolah menerangkan, “Siswa merupakan sumber daya insani potensial bagi pembangunan bangsa. oleh karena itu perlu terus dibina dan dikembangkan sesuai dengantujuan pendidikan nasional. 0ntuk mewujudkan tujuan pendidikan khususnya dalam hal keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta budi pekerti luhur khususnya di sekolah diupayakan dicapai melalui matapelajaran Agama yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik pada semua jenjang pendidikan. Hal ini karena agama merupakan landasan moral etika dan spiritual yang kuat untuk pembangunan bangsa. Namun demikian dewasa ini dirasakan bahwa mata pelajaran Agama disekolah masih kurang terutama jumlah jamnya yang sangat terbatas sehingga tujuan pendidikan agama di sekolah sulit untuk dicapai. Hal ini juga tercermin dari rendahnya prilaku hidup beragama antarsiswa dalamkehidupan sehari-hari. 0ntuk melengkapi kekurangan tersebut perldiciptakan kegiatan sekolah dalam waktu tertentu di luar jam pelajaran yangmengarah pada peningkatan keimanaan dan keta9waan serta berbudi pekerti luhur dalam bentuk aktualisasi pembiasaan hidup beragama. Kegiatan yangdimaksud salah satunya melalui pesantren Kilat Ramadhan.”

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI yang beragama Islam dan berada disekitar kota Tasikmalaya, karena ada juga sebagian yang mengikuti dipesantren terdekat tempat asalnya. Dengan jadwal pembagiannya, minggu pertama giliran kelas X dan selanjutnya kelas XI.

Adapun Materi yang dipelajari, sama seperti sistem pembelajaran di pesantren yaitu, diantaranya :
– Tauhid
– Al-Qur’an – Hadist
– Sejarah Kebudayaan Islam
– Al-Qur’an
– Akhlaq
– Fiqih
– Fiqih Muamalah
Dengan pemateri dari ustadz-ustadzah dari pesantren tersebut.

Dengan adanya pelaksanaan Pesantren Ramadhan bagi siswa diharapkan dapat :
  1. meningkatkan pemahaman penghayatan dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT., serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi bermasyarakat berbangsa dan bernegara;
  2. memperdalam memantapkan dan meningkatkan penghayatan ajaraagama Islam khususnya tentang keimanan ibadah akhlak dan Al Quran ;
  3. menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam dam kehidupan sehari-hardalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh kokoh dan mampumenghadapi tantangan-tantangan negatif baik yang datang dari dirinypribadi maupun dari luar dirinya.

000 13 12 11 10 09 08 07 06 04 03 02 01a 01

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*