Upacara Bendera Paripurna Tahun Pelajaran 2016/2017

Pada Senin, 1 Agustus 2016 telah dilaksanakan upacara bendera paripurna yang pertama kali pada tahun pelajaran baru 2016/2017 ini sesuai agenda sekolah setiap minggu pertama dan ketiga (upacara bendera) pada setiap bulannnya. Dengan petugas upacara terdiri dari gabungan pengurus OSIS, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) SMAN 2, paduan suara anggota dekressi  dan selaku pembina upacara adalah Bapak Kepala Sekolah, Drs. Aam Abdullah, M., S.Pd., M.M. diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X-XII, Guru dan Staf TU. Meskipun dibawah cuaca mendung dan gerimis, pelaksanaannya berjalan lancar sampai selesai.

Pada kesempatan tersebut pembina upacara (Kepala Sekolah) menyampaikan beberapa amanatnya yaitu :
– agenda pembelajaran semester ganjil 2016/2017
– penerapan kedisiplinan sesuai dengan tata tertib sekolah
– meningkatkan kepedulian lingkungan sekolah dan kesehatan diri
– ucapan selamat kepada peserta didik yang telah berprestasi (juara umum OSN, OOSN, ABSD dan FLSSN)
– mencanangkan secara resmi Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Gerakan Literasi Sekolah

Gerakan Literasi Sekolah merupakan merupakan suatu usaha atau kegiatan yang bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah (peserta didik, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, Komite Sekolah, orang tua/wali murid peserta didik), akademisi, penerbit, media massa, masyarakat (tokoh masyarakat yang dapat merepresentasikan keteladanan, dunia usaha, dll.), dan pemangku kepentingan di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembiasaan membaca buku ini dilakukan dengan kegiatan 15 menit membaca (guru membacakan buku dan warga sekolah membaca dalam hati, yang disesuaikan dengan konteks atau target sekolah). Ketika pembiasaan membaca terbentuk, selanjutnya akan diarahkan ke tahap pengembangan, dan pembelajaran (disertai tagihan berdasarkan Kurikulum 2013). Variasi kegiatan dapat berupa perpaduan pengembangan keterampilan reseptif maupun produktif.
Tujuan GLS ini adalah Menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Dengan target pencapaiannya sebagai berikut :

  • Menyenangkan dan ramah anak sehingga menumbuhkan semangat warganya dalam belajar.
  • Menumbuhkan semangat ingin tahu dan cinta pengetahuan.
  • Semua warganya menunjukkan empati, peduli, dan menghargai sesama.
  • Memampukan warganya untuk cakap berkomunikasi dan dapat berkontribusi kepada lingkungan sosialnya.
  • Mengakomodasi partisipasi seluruh warga dan lingkungan eksternal sekolah.

Rencana pelaksanaan Gerkan Literasi di SMAN 2 Tasikmalaya ini akan di ketuai oleh Satgas Dra. Hj. Dian Widiwati, M.Pd. dan juga sebagai koordinator Perpustakaan dengan pelaksanaannya mengacu pada tahapan-tahapan yang sudah ditentukan, langkah pertama akan dilalui tahapan I dulu.
tahap 1

1 Komentar on Upacara Bendera Paripurna Tahun Pelajaran 2016/2017

  1. GLS yg baru dicanangkan memerlukan dukungan dari berbagai pihak, khususnya dari satgas GLS yg sdh ditugaskan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*