Upacara Bersama Walikota Tasikmalaya

Senin, 7 September 2015 Upacara bendera yang kali ini hadir Bapak Wali Kota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman selaku pembina upacara. Diikuti peserta didik, dewan guru, staf, para kepala sekolah SMA-SMK kota Tasikmalaya dan jajaran pimpinan Dinas Pendidikan. Dalam sambutannya walikota menyampaikan tentang Pendidikan adalah elemen penting dalam pembangunan bangsa karena melalui pendidikan, dasar pembangunan karakter manusia dimulai.Berlatarbelakang perilaku orang Tasikmalaya akhir-akhir ini yang kurang baik dengan adanya oknum-oknum vandalisme, kejahatan geng motor, perilaku tawuran antar pelajar maka diangkat tema pendidikan karakter manusia.

Beliau mengatakan, Pendidikan karakter mempunyai fungsi strategis bagi kemajuan bangsa, harus ada komitmen untuk menjalankan pendidikan karakter sebagai bagian dari jati diri bangsa. Komitmen yang harus kita jalankan semua, mengacu kepada 5 nilai karakter bangsa untuk menjadi manusia unggul yang yaitu :

  1. Manusia Indonesia yang bermoral, berakhlak dan berperilaku baik;
  2. Mencapai masyarakat yang cerdas dan rasional;
  3. Manusia Indonesia ke depan menjadi manusia yang inovatif dan terus mengejar kemajuan;
  4. Memperkuat semangat “Harus Bisa”, yang terus mencari solusi dalam setiap kesulitan;
  5. Manusia Indonesia haruslah menjadi patriot sejati yang mencintai bangsa,Negara dan tanah airnya.

         Pendidikan bukan hanya membangun kecerdasan dan transfer of knowledge, tetapi juga harus mampu membangun karakter atau character building dan perilaku. Dengan hakekat pendidikan dan dibangun metodologi yang tepat, maka diharapkan dapat dibangun intellectual curiosity dan membangun common sense. Tidak bisa ditunda lagi, generasi penerus bangsa harus serius untuk dibekali pendidikan karakter agar dapat memenuhi 5 nilai manusia unggul di atas.

Dalam kesempatan yang lain, setelah upacara walikota menyempatkan mengujungi dan sidak kantin sehat SMAN 2 Tasikmalaya yang bernama SMANDA Green Cafetaria. Tak lupa berbincang dengan penjaga warung dan stand yang ada di cafetaria tersebut.

Dalam rencana kunjungan tersebut, walikota juga mempunyai agenda briefing pada semua kepala sekolah SMA/SMK kota tasikmalaya mendadak dilaksanakan di smanda green cafetaria tersebut yang merasa lebih nyaman dengan suasana terbuka terebut. Dalam briefing tersebut mengangkat agenda tentang permasalah perilaku peserta didik akhir-akhir ini. Walikota menegaskan supaya pimpinan sekolah lebih mengetatkan pengawasan terhadap peserta didiknya, juga menyarankan lebih digiatkan pada hal-hal yang positif seperti ekstrakurikuler.

Setelah pelaksanaan briefing tersebut, walikota dan para undangan mencoba hidangan sarapan pagi pada café tersebut.

   IMG_1680 IMG_1689 IMG_1695 IMG_1702 IMG_1708 IMG_1718 IMG_1772 IMG_1775 IMG_1787 IMG_1790 IMG_1794IMG_5440 IMG_5474 IMG_5481 IMG_5484 IMG_5487 IMG_5496 IMG_5499 IMG_5501

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*