UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA MELALUI PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS XI.MIPA.1 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA
Oleh :
Farhan Nasrullah, S. Pd., M. Pd.
Guru Bahasa Sunda di SMAN 2 Tasikmalaya
Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) ini Berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Sunda Melalui Penggunaan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas XI.MIPA.1
SMA Negeri 2 Tasikmalaya”. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Sunda siswa Kelas XI.MIPA.1
SMA Negeri 2 Tasikmalaya melalui penggunaan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI.MIPA.1
SMA Negeri 2 Tasikmalaya Kota Tasikmalaya tahun 2015 pada mata pelajaran Bahasa Sunda. Jumlah siswa sebanyak 36 orang, terdiri dari 14 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa:
(a) perencanaan tindakan;
(b) pelaksanaan tindakan;
(c) pengamatan tindakan; dan
(d) refleksi.
Hasil penelititian rata-rata hasil belajar meningkat dari 60 pada siklus I pertemuan 1, menjadi 67,14 pada siklus I pertemuan 2, 76,79 pada siklus II pertemuan 1 dan menjadi 86,07 pada siklus II pertemuan 2. Sementara dari prosesntasi ketuntasan terjadi peningkatan dari 39,29% pada siklus I pertemuan 1, menjadi 67,86% pada siklus I pertemuan 2, 78,57% pada siklus II pertemuan 1 menjadi 89,29% pada siklus II pertemuan 2. Dari hasil di atas, maka nilai dan prosentase ketuntasan selalu mengalami kenaikan pada setiap siklusnya, baik pertemuan 1 maupun pertemuan 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Sunda siswa Kelas XI.MIPA.1 SMA Negeri 2 Tasikmalaya.
Leave a Reply