Informasi PPBD 2018/2019

Berikut kami sampaikan informasi umum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2018/2019 tingkat SMA/SMK di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, termasuk pada satuan pendidikan SMA Negeri 2 Tasikmalaya.

JADWAL PPDB TAHUN 2018
PROVINSI JAWA BARAT

NO.

KEGIATAN WAKTU PELAKSANAAN

KET.

1. Jalur KETM, UUG, WS, ABK, Prestasi : KETM : Keterangan tidak mampu
UUG = Undang Undang Guru
WS = Warga Sekitar (radius  rumah < 1 KM dr skolah)
ABK = Anak berkebutuhan khusus (Cacat)
–   Pendaftaran 4 Juni – 8 Juni 2018
–  Verifikasi/Uji Kompetensi 25, 26 dan 28 Juni 2018
–  Pengumuman 30 Juni 2018
–  Daftar Ulang 2 – 4 Juli 2018
2. Jalur Nilai UN :  
–   Pendaftaran 5, 6, 7 dan 9 Juli 2018  
–  Verifikasi/Uji Kompetensi 5, 6, 7 dan 9 Juli 2018  
–  Pengumuman 12 Juli 2018  
–  Daftar Ulang 13 – 14 Juli 2018  
3. Hari ke-1 KBM 2018/2019 16 Juli 2018  
4. MPLS 16 – 18 Juli 2018  

Berikut informasi lebih lengkap :

PPDB JABAR 2018 versi permendikbud 2018 (Revisi)

PPDB2018aPPDB2018a

Brosur (revisi) :
BrosurPPDB-2018-hal1 BrosurPPDB-2018-hal2edit

JADWAL UJI KOMPOTENSI JALUR PRESTASI

NO

HARI/TANGGAL

WAKTU (WIB)

CABANG

TEMPAT

1. Senin, 25 Juni 2018 08.00-selesai Olahraga Lapangan Belakang dan Aula Graha Bakti Alumni
2. Seni dan Kreatifitas Kelas XII-MIPA 6
3. Tahfidz XII-MIPA.7
4. Shooting Film Lingkungan SMAN 2 Tasikmalaya
5. Olimpiade Matematika, IPA, dan IPS XII-MIPA.5
6 Literasi XII-MIPA.4
7 Bahasa Inggris (Story Telling) XII-MIPA.3
8 Selasa, 26 Juni 2018 08.00-12.00 PRAMUKA, Paskibra, dan  PMR Aula Graha Bakti Alumni
9 Pidato dan Presentasi Film XII-MIPA 7

KRITERIA PENILAIAN UJI KOMPETENSI JALUR PRESTASI

  1. Bidang Seni

 Pupuh

  • Membawa musik pengiring dalam bentuk MP3;
  • Pupuh yang dibawakan dua judul, baik itu pupuh raéhan maupun pupuh buhun
  • Adapun yang menjadi patokan dalam penilaian pupuh adalah sebagai berikut:

 

No Nama Siswa Sora

(20-90)

Kasaluyuan

(20-90)

Sikep/

Pasemon

(20-90)

Pidangan

(20-90)

 

Wawancara

 

Nilai
1.              
2.              

Sajak Sunda

  • Membawa teks sajak Sunda;
  • Membacakan salah satu judul sajak Sunda;
  • Pakaian disesuaikan;
  • Untuk penilaian sajak Sunda adalah sebagai berikut:
NO. NAMA SISWA ARTIKULASI LAFAL

INTONASI

PENGHAYATAN WAWANCARA JUMLAH
1.
2.

  Skala Skor : 50-90

 Maca jeung Nulis Aksara Sunda

  • Membawa kertas folio dan bolpoint
  • Membaca dan menulis Aksara Sunda
  • Untuk format penilaiannya adalah sebagai berikut:
No Nama Siswa Aspek nu dipeunteun Kriteria
     
1 Adegan Biasa Bener/Baku
2 Pilihan Kecap (diksi) Merenah (keuna)
3 Menyalin Aksara Sunda kedalam huruf latin ataupun sebaliknya Keuna
4. Wawancara
  Jumlah

Skala Skor : 60-90

Puisi (1 PA/PI)

  • Membawa teks Puisi
  • Membacakan salah satu judul puisi
  • Untuk penilaian adalah sebagai berikut:
NO. NAMA SISWA ARTIKULASI LAFAL

INTONASI

PENGHAYATAN WAWANCARA JUMLAH
1.
2.

 Skala Skor : 50-90

Tari

  • Membawa musik pengiring dalam bentuk MP3
  • Kostum disesuaikan (Tidak memakai pakaian sekolah maupun pakaian tari)
  • Adapun untuk penilaian tari adalah sebagai berikut:
NO. NAMA SISWA WIRAHMA WIRAGA WIRASA WAWANCARA JUMLAH

Skala Skor : 50-90

Vokal Solo

  • Membawa musik pengiring, baik dalam bentuk MP3 maupun MIDI
  • Membawakan dua judul lagu, lagu nasional dan lagu daerah
  • Membaca notasi
  • Adapun kriteria penilaian untuk vocal solo adalah sebagai berikut:
NO. NAMA SISWA VOKAL PENAMPILAN WAWANCARA JUMLAH

Skala Skor : 60-90

 Dongeng

NO. NAMA SISWA LENTONG PASEMON PIDANGAN WAWANCARA JUMLAH
1.

Skala Skor : 60-90

  • Kreatifitas
NO. NAMA SISWA KETERAMPILAN GESTUR WAWANCARA JUMLAH
1.

Skala Skor : 60-90

Film Pendek

  • Membawa kamera, laptop, dan flashdisk
NO. NAMA SISWA PRESENTASI FILM GESTUR WAWANCARA JUMLAH
1.

Skala Skor : 60-90

Gitar Solo (I Putra/I Putri)

  • Membawa gitar akustik, baik senar nylon maupun senar string
  • Membawakan 2 judul lagu
  • Adapun untuk penilaian gitar solo adalah sebagai berikut:
NO. NAMA SISWA KETERAMPILAN MEMAINKAN GITAR WAWANCARA JUMLAH
1
2

            Skala Skor : 60-90

  2. Bidang Keagamaan

Jalur Tahfidz

  • Minimal hafal 2 Juz;
  • Adapun format penilaian untuk tahfidz adalah sebagai berikut:
NO. NAMA SISWA HAFALAN TAJWID MAKHRAJ SHIFAT HURUF WAWANCARA  

JUMLAH

1.
2.
3.
4.
5.

            Skala Skor : 60-90

Pidato

  • Mempersiapkan materi pidato, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Sunda, diusahakan sudah dihafal;
  • Adapun format penilaian untuk pidato adalah sebagai berikut:
NO. NAMA SISWA INTONASI MIMIK KESESUAIAN MATERI DAN TEMA WAWANCARA JUMLAH
1.
2.
3.
4.
5.

                Skala Skor : 60-90

PENILAIAN JALUR PRESTASI OLAHRAGA
1. CABANG OLAHRAGA ATLETIK
Memakai pakaian dan sepatu olahraga lengkap.
Membawa kostim atletik  dan perlengkapan lainnya (pribadi) yang dibutuhkan.
Adapun yang menjadi tolak ukur penilaian sebagai berikut :
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS LARI JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK TES LARI SPRINT 100 M
1
2
3
4
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS LOMPAT JAUH JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK TES HASIL LOMPATAN
1
2
3
4
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS TOLAK PELURU JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK TES HASIL LEMPARAN
1
2
3
4
2. CABANG OLAHRAGA KARATE
Memakai pakaian dan sepatu olahraga lengkap.
Membawa pakaian dan peralatan karate serta perlengkapan lainnya (pribadi) yang dibutuhkan.
Adapun yang menjadi tolak ukur penilaian sebagai berikut :
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS KARATE JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK UJI TANDING
1
2
3
4
3. CABANG OLAHRAGA TAEKWONDO
Memakai pakaian dan sepatu olahraga lengkap.
Membawa pakaian  taekwondo
Membawa dobok dan pelindung serta perlengkapan lainnya (pribadi) yang dibutuhkan.
Adapun yang menjadi tolak ukur penilaian sebagai berikut :
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS TAEKWONDO JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK UJI TANDING
1
2
3
4
4. CABANG OLAHRAGA PENCAK SILAT
Memakai pakaian dan sepatu olahraga lengkap.
Membawa pakaian (pangsi) dan peralatan silat serta perlengkapan lainnya (pribadi) yang dibutuhkan.
Adapun yang menjadi tolak ukur penilaian sebagai berikut :
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS TAEKWONDO JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK UJI TANDING
1
2
3
4
5. CABANG OLAHRAGA TENIS LAPANGAN
Memakai pakaian dan sepatu olahraga lengkap.
Membawa raket tenis lapangan
Membawa kostim tenis lapangan dan perlengkapan lainnya (pribadi) yang dibutuhkan.
Adapun yang menjadi tolak ukur penilaian sebagai berikut :
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS TENIS LAPANGAN JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK UJI TANDING
1
2
3
4
6. CABANG OLAHRAGA BULUTANGKIS
Memakai pakaian dan sepatu olahraga lengkap.
Membawa raket bulutangkis
Membawa kostim bulutangkis dan perlengkapan lainnya (pribadi) yang dibutuhkan.
Adapun yang menjadi tolak ukur penilaian sebagai berikut :
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS BULUTANGKIS JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK UJI TANDING
1
2
3
4
7.  CABANG OLAHRAGA CATUR
Memakai pakaian dan sepatu olahraga lengkap.
Membawa peralatan catur dan perlengkapan lainnya (pribadi) yang dibutuhkan.
Adapun yang menjadi tolak ukur penilaian sebagai berikut :
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS CATUR JUMLAH
TEKNIK TAKTIK STRATEGI UJI TANDING
1
2
3
4
8. CABANG OLAHRAGA BOLA BASKET
Memakai pakaian dan sepatu olahraga lengkap.
Membawa kostim bola basket  dan perlengkapan lainnya (pribadi) yang dibutuhkan.
Adapun yang menjadi tolak ukur penilaian sebagai berikut :
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS BOLA BASKET JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK UJI TANDING
1
2
3
4
9. CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA / FUTSAL
Memakai pakaian dan sepatu olahraga lengkap.
Membawa sepatu sepak bola/futsal lengkap.
Membawa kostim sepak bola/futsal  dan perlengkapan lainnya (pribadi) yang dibutuhkan.
Adapun yang menjadi tolak ukur penilaian sebagai berikut :
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS SEPAK BOLA / FUTSAL JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK UJI TANDING
1
2
3
4
10. CABANG OLAHRAGA BOLA VOLI
Memakai pakaian dan sepatu olahraga lengkap.
Membawa kostim bola voli dan perlengkapan lainnya (pribadi) yang dibutuhkan.
Adapun yang menjadi tolak ukur penilaian sebagai berikut :
No Nama Peserta Asal Sekolah TKJI Lari 2,4 Km (12 menit) TES KHUSUS BOLA VOLI JUMLAH
FISIK TEKNIK TAKTIK UJI TANDING
1
2
3
4
Keterangan :
Secara keseluruhan setiap aspek penilaian memakai skala 0 – 100
Hasil Uji Kelayakan akan digabungkan dengan penilaian zonasi dan sertifikat kejuaraan

*) Untuk yang lainnya, tes kemampuan akademik (OSN), ekstrakurikuler, dan literasi menyesuaikan dengan ketentuan penilaian tim penguji.

Formulir Pendaftaran silakan unduh link berikut :

SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK
FORMULIR PENDAFTARAN (F7)-Jalur WPS
FORMULIR PENDAFTARAN (F6)-Jalur ABK
FORMULIR PENDAFTARAN (F5)-Jalur PMG
FORMULIR PENDAFTARAN (F4)-Jalur KETM
FORMULIR PENDAFTARAN (F3)-Jalur Prestasi
FORMULIR PENDAFTARAN (F2)-Jalur NHUN

158 Komentar

  1. Assalamualaikum,saya pernah juara 3 pidato keagamaan tingkat Kabupaten Tasikmalaya,apakah bisa mencoba untuk masuk di jalur non akademik prestasi?

    • Silakan daftarkan diri dulu lewat jalur prestasi pada jadwal yang telah ditentukan dengan disertai persyaratan jalur prestasi. Nanti akan ada uji kompetensi sesuai bidang,hasilnya menyesuaikan dgn kuota dan kebutuhan sekolah.

    • Waalaikum salam… Tidak menggunakan nilai raport, tapi nilai UN. Tidak ada test seleksi akademik yang ada uji kompetensi bidang olah raga, seni dan lainnya untuk non akademik.

    • Untuk jalur prestasi/bakat istimewa yang diambil dari akademik (seperti juara OSN tingkat SMP/sederajat), olahraga, seni, keagamaan, pramuka, paskibra, PMR, dan kreativitas lain terutama kejuaraan yang diselenggarakan oleh kementrian Pendidikan, yang dibuktikan dengan piagam, medali dll.

  2. Untuk jalur prestasi apakah semua yang daftar di jalur itu berhak mengikuti seleksi lalu ditentukan diterima atau tidaknya,atau setelah kita daftar kita dipilih siapa yang layak mengikuti seleksi?

    • silahkan mengikuti jalur prestasi/bakat istimewa jika pernah menjuarai OSN, O2SN, FLS2N, ABSD atau kejuaraan lain yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan dengan disertai dokumen pendukung yaitu Piagam/Sertifikat. Dan ada Uji Kompetensi

  3. Assalamualaikum
    Saya Murid Dari SMPN 1 Singaparna,mau bertanya
    Berapakah nilai UN supaya di terima di sman 2 Tasikmalaya?

  4. Untuk jalur prestasi apakah semua yang daftar di jalur itu berhak mengikuti seleksi lalu ditentukan diterima atau tidaknya,atau setelah kita daftar kita dipilih siapa yang layak mengikuti seleksi?mohon dijawab

  5. Apakah jarak domisili berlaku? Rumah saya jauh dari SMAN 2 Tasikmalaya,, saya pindah ke rumah nene yang di indihiang, apakah jarak yang diukurnya dari rumah saya atau dari rumah nene? Tolong dijawab

  6. Untuk jalur prestasi apakah semua yang daftar di jalur itu berhak mengikuti seleksi lalu ditentukan diterima atau tidaknya,atau setelah kita daftar kita dipilih siapa yang layak mengikuti seleksi?

  7. Maap mengganggu, kalau misalkan prestasi kita cuma juara 3 se kota, tapi saat seleksi jadi peserta terbaik, apakah yang diambil dari peringkat di prestasi atau hasil dari seleksi itu?

  8. Kalau formulir surat pertanggung jawaban untuk di jalur prestasi apakah formulirnya disediakan atau langsung saja kita buat ke lembaga yang bersangkutan?

  9. assalamualikum saya siswa dari smpn 2 puspahiang saya ingin bertanya..
    berapa kira2 nem tahun sekarang mohon di jawab..

  10. Assalamualikum ,mau tanya untuk ppdb jalur reguler / hasil UN apakah masih pakai zonasi? Gimana buat yang tingal dikabubaten apa ada jalur lain misal jalur luar kota ?mohon dijawab terimakasih

  11. Assalamualikum ,mau tanya untuk ppdb jalur reguler / hasil UN apakah masih pakai zonasi? Kalau pakai Gimana buat yang tingal dikabubaten apa ada jalur lain misal jalur luar kota ?mohon dijawab terimakasih

  12. Kalau formulir surat pertanggung jawaban untuk di jalur prestasi apakah formulirnya disediakan atau langsung saja kita buat ke lembaga yang bersangkutan?mohon dijawab

  13. Kalau jalur KETM seleksi uji kompetensinya pakai urutan nilai nem dari yg paling tinggi atau testing? Terimakasih.

  14. Kalau mau buat surat pertanggung jawaban jalur prestasi apakah menunggu disediakan formulirnya atau langsung saja kita buat ke lembaga yang mengadakan perlombaan?mohon dijawab

  15. Saya siswi SMP 2 tinggal di Indihiang setelah di jumlah dengan zona dan KK jumlah nya 346,45 kira kira nilai itu bisa di terima ke SMA 2 Tasikmalaya apa tidak ?

  16. Permisi min, saya mau tanya. Kalo semisal pilihan 1 tidak masuk pada jalur UN, apakah otomatis bisa masuk pilihan 2? Terimakasi

  17. Assalamu’alaikum,saya siswi SMP Islam Rajapolah. Kemarin saat diadakan Wide game saya mengikuti lomba mojang dan juara kedua se-Jawa Barat. ada sertifikatnya juga. apakah ini bisa dipakai untuk masuk lewat jalur prestasi?

  18. Nilai un saya 339,5 tapi jarak dari rumah ke sekolah 10km.
    Setelah di hitung dengan zonasi jadi 315,5
    🙁
    🙁
    🙁
    🙁
    Malah ngurangin :'( malah kalah sama yg nilai un nya kecil tapi rumah nya dekat ke sekolah nem un nya jadi nambah.
    Yg dekat aja bisa kesiangan toh:(

  19. Assalamualaikum wr. Wb.

    Pak kan name tahun kemarin 295, itu teh udh di kalkulasikan dgn zona radius atau masih murni nhun

    • kami belum bisa menentukan bisa masuk tidaknya, karena belom berproses dengan NHUN, silakan saja mendaftarkan diri terlebih dahulu.
      Passing Grade diperoleh dari skor hasil seleksi dengan kuotanya

  20. Pak di brosur yang boleh ikut daftar jalur prestasi keagamaan (pidato) hanya lakilaki?beri kesempatan dong untuk perempuan juga saya sudah jauh jauh hari mempersiapkan persyaratannya dan semua persyaratannya sudah lengkap saya juga sudah sangat semangat dan siap untuk daftar jadi tolong diberi kesempatan untuk perempuan daftar di jalur prestasi keagamaan(Pidato).

    • Berdasarkan analisis kebutuhan prestasi sman 2 bidang pidato, yang belum ada laki- laki. Sedangkan kuota terbatas. Tujuan sudah disebutkan kebutuhan
      1. Bagi orang tua supaya ada kesempatan daftar ke sekolah lain yang memiliki formasi.
      2. Sebagai bentuk transparansi supaya tidak menyesal karena kriteria yang dibutuhkan sudah disampaikan.
      Hal ini juga hasil masukan orang tua sebelumnya

  21. Pak kalo NUN 348,00 tetapi jarak rumah kesekolah lebih dari 20 km, Apakah masih mungkin bisa keterima? Karena setelah dihitungkan dengan zonasi hasilnya menjadi sangat kecil.

  22. Pak di brosur yang boleh ikut daftar jalur prestasi keagamaan (pidato) hanya lakilaki?beri kesempatan dong untuk perempuan juga saya sudah jauh jauh hari mempersiapkan persyaratannya dan semua persyaratannya sudah lengkap saya juga sudah sangat semangat dan siap untuk daftar jadi tolong diberi kesempatan untuk perempuan daftar di jalur prestasi keagamaan(Pidato). Mohon beri kesempatan ya pak untuk perempuan juga.

  23. Saya mohon pak jangan kecewakan kami yang sudah siap siap bahkan sebelum brosur itu dibuat,mungkin banyak sekolah lain yang membutuhkan perempuan untuk bidang pidato tapi kalo sekolah tersebut tidak sesuai dengan yang saya inginkan bagaimana pak?alasan saya seperti ini karena memang saya benar2 ingin mencoba ya walaupun nanti hasilnya tidak sesuai yang diharapkan tapi saya sudah berusaha.mohon dipertimbangkan lagi pak putra putri saja agar setiap tahunnya ada 2 generasi putra putri yang unggul dibidang pidato. Terimakasih

  24. Iya benar pak saya juga sudah mau daftar di jalur prestasi keagaamaan(pidato)tolong di pertimbangkan lagi pak setidaknya pilih 1 atau 2 orang perempuan di bidang pidato di bidang olahraga saja putra putri jadi saya juga mohon pak perempuan juga beri kesempatan untuk mencoba daftar di bidang pidato keagamaan.

  25. yahhhhh bener nih putri gak bisa padahal udah nyiapin semua persyaratan buat daftar di jalur prestasi keaagamaan pidato:( tolong dong pak pertimbangkan lagi saya sudah mau daftar di bidang pidato mohon ya pak supaya bisa karena memang benar siapa tau nanti perempuan juga dibutuhkan. Dengan sangat saya memohon pak supaya bisa.Terimakasih

  26. Saya selaku orangtua siswa ingin memberi saran menurut saya beri saja kesempatan untuk putri juga ikut mencoba di bidang pidato,meskipun mungkin putri sudah ada tetapi kalau lebih banyak yang unggul dibidang pidato ini lebih bagus bukan?lebih baik putra putri agar setiap angkatannya memiliki putra putri yang unggul dalam menyampaikan pidato.Dan jika melihat anak anak yang sudah sangat bersemangat untuk daftar dijalur ini kasihan apalagi dari luar kota yang sudah buat surat rekomendasi untuk ke smanda jika pada waktunya ternyata tidak bisa sulit lagi untuk mereka buat surat rekomendasi kalau harus mengubah pilihan sekolahnya masalah mereka diterima atau tidaknya setidaknya mereka memiliki kesempatan untuk mencoba,mungkin mereka juga ingin lebih mengembangkan bakatnya.Hanya sedikit saran,sangat bersyukur apabila diterima.Terimakasih

  27. Assalamualaikum, kak maaf boleh tanya klo masuk jalur prestasi lewat pramuka garuda itu bisa atau engga
    Mohon di jawab
    Terima kasih
    Wassalamualaikum

  28. apabila ada siswa yang diterima melalui jalur prestasi atau lainnya, tapi tidak mengikuti daftar ulang, bolehkah mengikuti jalut NHUN?

  29. Kak kan teman saya sudah daftar di salah satu sma di bandung melalui jalur non NHUN dan dia lolos seleksi.. apakah dia daftar kembali melalui jalur NHUN di Tasikmalaya

  30. Kak kalau jalur prestasi futsal harus disertai sama sertifikat pribadi?? Sedangkan futsal itu team bukan perorangan

Tinggalkan Balasan ke Ahmad Hilman Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*