RAMADHAN 1443 H Kegiatan Penumbuhan Budi Pekerti : Kajian Islam di Sekolah “KIDS”

Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan yang agung , bulan suci, bulan penuh berkah, Ramadhan. Mengisi kegiatan di Bulan suci Ramadhan 1443 H ini, SMAN 2 Tasikmalaya menyelenggarakan beberapa agenda sebagai pengganti kegiatan belajar mengajar dengan kegiatan keagamaan sesuai dengan petunjuk dari Dinas Pedidikan Jawa Barat yaitu Penumbuhan Budi Pekerti yang dinamakan Smart Tren  Ramadhan yang meliputi materi :
1. Aqidah,
2. Akhlak,
3. Quran dan Hadist,
4. Fiqih,
5. Tarikh dan
6. Islam Rahmatan Lilalamin yang isinya tentang:
a. multikulturalisme dan toleransi,
b. pencegahan bahaya radikalisme dan
c. tabayun melawan Hoaks

Semua kegiatan ini dilaksanakan dengan moda daring dan luring oleh seluruh peserta didik kelas X dan XI. Untuk moda daring menyesuaikan dengan agenda dari dinas provinsi Jawa Barat melalui pesantren digital IRMA Jabar, sedangkan moda luring diselenggarakan di sekolah dengan nama Kajian Islam Di Sekolah (KIDS) dengan pengaturan yang sesuai protokol kesehatan yaitu sebanyak 50% peserta didik dari tiap tingkat yang terbagi dalam 2 sesi. Adapun pemberi materi berasal dari para guru yang sesuai dengan keilmuannya dari beberapa guru mata pelajaran dan tentunya guru PAI.
Untuk yang Non Muslim juga diwajibkan mengikuti semua kegiatan dirumah/tempat ibadahnya sesuai dengan ajarannya dengan beban tugas yaitu :
1.  membaca alkitab yang sesuai
2. menulis inti dari yang sudah dibaca
3. menulis isi khutbah di gereja seminggu sekali.
dan akhir nanti harus dilaporkan kepada kesiswaan hasilnya.

Selain agenda untuk peserta didik, para guru dan staf TU juga mempunyai agenda yang sama dengan mengisi amalan Ramadhan seperti Tadarus dan Taklim Quran, kajian keislaman, muhasabah, dan lainnya. Selain itu juga amalan lain seperti Sedekah Masal (IMAM), Rantang ASN dan Pramuka, BUBOS (Buka Bersama On Screen), dan dalam rangka hari kartini ada fashion show busana muslim.
Kita semarakan demi keberkahan Ramadhan 1443 H ini dengan amalan ibadah agar mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh  SWT., Semoga semuanya diterima-Nya. Aamiin.

Smartren2022

KIDS-1 KIDS-2 KIDS-3 KIDS-4 KIDS-5 KIDS-6 KIDS-7 KIDS-8 KIDS-9 KIDS-10 KIDS-11 KIDS-12 KIDS-13 KIDS-14 KIDS-15 KIDS-16KIDS-17KIDS-18KIDS-19KIDS-20KIDS-BubosKIDS-fashionshowmushaf

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*